Senin, 12 September 2016

Tips ternak jangkrik yang efektif

Ternak jangrik adalah salah satu langkah yang cukup mudah untuk dilakukan jika dalam jumlah yang sedikit ataupun banyak. Jangkrik sendiri adalah salah satu jenis serangga yang sering menjadi salah satu pakan ikan, reptil ataupun burung. Dengan permintaan yang cukup banyak karena banyak memelihara ikan, burung dan reptil membuat permintaan akan jangkrik juga meningkat.
Pada dasarnya jangkrik adalah salah satu jenis hewan herbivora yang hidup dialam bebas dan makan daun muda. Dalam lingkungan budidaya jangkrik sendiri anda bisa memberikan jangkrik makanan dalam bentuk sayuran hijau yang mengandung serat. Nah jika anda berencana akan ternak jangkrik berikut adalah Tips Ternak Jangkrik efektif yang harus anda perhatikan dan anda persiapkan.

Beberapa hal untuk ternak jangkrik diantaranya adalah :


1. Mempersiapkan kandang

Ini adalah salah satu langkah utama saat akan memulai ternak jangkrik yaitu mempersipkan kandang atau tempat untuk ternak. Kadang ini bisa dibuat dengan banyak bahan mulai dari kardus, papan hingga juga triplek. Untuk desainnya bisanya memiliki bentuk kotak. Biasanya kandang dari jangkrik dibuat dengan bentuk bersusun tujuannya adalah untuk menghemat tempat dan juga membuatnya lebih efesien. Dan sebaiknya kandang jangkrik diletakkan pada tempat yang gelap.

2. Persiapkan bibit dari jangkrik

JUAL TELUR JANGKRIK ALAM/SLIRING/MADU Dan JANGKRIK KALUNG/GENGGONG

Pemesanan bisa dilakukan lewat SMS/Telpn : 0858.2308.4042 / PIN BBM 7BDEDC09


Langkah selanjutnya adalah anda harus mempersiapkan bibit yang sebenarnya bisa anda beli di toko pakan hidup. Dan sebenarnya tidak semua jenis jangkrik bisa di ternak, karena ada beberapa jenis jangkrik yang sulit untuk dikembangbiakkan. Salah satu bibit yang biasanya diternak adalah jenis G miratus dan G testaclus.

3. Kawinkan jangkrik

Pada saat proses akan mengawinkan jangkrik biasanya anda memerlukan tempat yang berbeda dan pisahkan. Biasanya kandang yang menjadi tempat untuk mengawinkan jangkrik dibuat dengan sedemikian rupa hingga mirip dengan alam. Usahakan pada saat akan mengawinkan pilih satu spesies yang sama. Karena jika dalam spesies yang berbeda biasanya proses perkawinan tidak akan terjadi, selain itu selama proses perkawinan usahakan jangkrik mendapatan asupan yang cukup. Selanjunya adalah proses menetas, biasanya proses ini membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 10 hari.

4. Memberikan Pakan

Setelah telur dari jangkrik menetas maka langkah selanjutnya adalah memberikan makan. Baisanya disarankan untuk memberikan makan voor yang bisa terbuat dari kacang kedelai, beras merah atau bisa juga terbuat dari jagung kering yang sudah dibuat halus.

5. Rawat kadang

Ini adalah bagian yang cukup penitng, ada baiknya untuk menjaga kandang tetap bersih dan higienis dan juga bersih. Tujuannya adalah agar jangkrik bisa berkembang dengan baik hingga proses panen.
Pemanenan
Ada dua jenis pemanenan yang pertama adalah pemanenan untuk jangkrik dewasa dan telur jangkrik. Dan biasanya untuk jangkrik dijual dengan harga yang lebih mahal. Untuk ternak jangkrik sendiri biasanya sudah bisa dipanen setelah mencapai umur 30 hari


CARA PEMESANAN DAN CARA PEMBAYARAN :

Pesan SMS/Telpn : 0858.2308.4042 / PIN BBM 7BDEDC09

Format SMS : Nama # Alamat Lengkap + Kode Pos # No Hp # Jumlah Pesanan # Nama Barang

1. Format SMS/BBM : Nama#Alamat Lengkap#No Hp anda # Jumlah Pesanan # Nama Barang

2. Tunggu balasan dari kami yang berisi total biaya dari pesanan anda (termasuk ongkos kirim).

3. Silahkan lakukan pembayaran melalui rekening bank BRI, BCA, BNI dan MANDIRI yang kami kirim melalui SMS, kemudian jika sudah melalukan pembayaran silahkan balas dengan sms konfirmasi pembayaran anda dengan format dibawah ini :

[ SUDAH TRANSFER : JUMLAH TRANSFER#NAMA BANK TUJUAN#NAMA #ALAMAT LENGKAP#NO HP ANDA#JUMLAH PESANAN#JENIS JANGKRIK]

CONTOH : [ SUDAH TRANSFER: RP 650.704#MANDIRI#KIKI ANDRIANI#JL BEDJO NO 11 GEMARANG MADIUN JAWA TIMUR#0858.2308.4042#2kg#telur jangkrik alam]

4. Tranfer pembayaran yang masuk sebelum jam 10 siang, barang akan kami kirim hari itu juga, jika diatas jam 10 siang kami akan kirim pesanan di hari berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar