Rabu, 14 September 2016

Tips Sukses Bisnis Usaha Budidaya Beternak Jangkrik

Tips Sukses Bisnis Usaha Budidaya Beternak Jangkrik, - Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya bahwasannya bisnis usaha budidaya beternak jangkrik tidaklah sulit. Karena pada umumnya, dari beberapa peternak mengatakan keuntungan yang diperoleh dari beternak jangkrik tidaklah kurang dari 100% per periode pemeliharaan, wah cukup menarik bukan bisnis ini untuk dicoba ? Namun, sepertinya hal ini tidaklah mungkin bagi seorang pemula yang baru menekuni dan memulai bisnis usaha budidaya beternak jangkrik.

Secara untuk seorang pemula memang belum cukup berpengalaman dan minimnya informasi yang didapatkan, sehingga kedua faktor inilah yang dapat dikatakan sebagai penyebab salah satu terjadinya kegagalan dalam melakukan suatu bisnis apapun, termasuk bisnis usaha budidaya beternak jangkrik.

Perencanaan usaha memang mutlak dan sangat penting dilakukan sebelum memulai suatu usaha. Sebab yang namanya usaha tidaklah mungkin semuanya dapat berjalan dengan mulus dan tanpa suatu kendala apapun. Menjalankan suatu usaha jika tanpa didasari perencanaan yang matang akan sangat mustahil mendapatkan hasil keuntungan yang optimal.

Oleh karena itu, untuk mengapatkan hasil yang optimal dan meminimalisir terjadinya kegagalan secara berlebih dalam melakukan bisnis usaha budidaya beternak jangkrik kali ini Kabar budidaya akan berbagi sekilas info mengenai tips sukses bisnis usaha budidaya beternak jangkrik yang bisa dicoba dan diterapkan guna agar tak merugikan usaha Anda.

Tips Sukses Bisnis Usaha Budidaya Beternak Jangkrik


Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum memulai bisnis usaha budidaya beternak jangkrik diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pemilihan lokasi buidadaya beternak jangkrik
Pemilihan lokasi memang syarat mutlak dalam menjalankan bisnis usaha budidaya beternak jangkrik, lokasi terbaik dan cukup idealnya adalah lokasi yang sesuai dengan persyaratan yang sangat menguntungkan. Arti dari lokasi yang menguntungkan ini adalah mampu memberikan pendapatan yang optimum jika dibandingkan dengan lokasi-lokasi yang lain. Adapun beberapa faktor dalam menentukan lokasi yang wajib diperhatikan adalah sebagai berikut :

A. Kedekatan dengan tenaga kerja
Dalam setiap usaha tentunya umum membutuhkan tenaga kerja. Namun, hal ini bergantung juga pada skala usaha yang dijalankan, untuk usaha budidaya beternak jangkrik tidaklah membutuhkan tenaga kerja yang banyak selagi usaha tersebut masih mampu dilakukan sendiri oleh sang peternak dengan melibatkan anggota keluarganya sendiri. Akan tetapi jika usaha yang dijalankan cukup besar maka perlu mencari tenaga kerja yang lokasinya tidak terlalu jauh. Dengan begitu lokasi akan mudah terjangkau oleh tenaga kerja dan waktunya pun tidak banyak terbuang sia sia untuk menuju lokasinya.

B. Kedekatan dengan pasar
Jarak antara pasar dengan lokasi budidaya beternak jangkrik harus benar-benar dipertimbangkan. Sebab, hal ini sangat penting karena apabila lokasi budidaya beternak jangkrik semakin jauh dengan lokasi pasar maka akan semakin tinggi juga biaya oprasionalnya dan hal ini akan berdampak pada laba yang dihasilkannya maka akan semakin kecil.

Setelah pemilihan lokasinya sudah pas, tepat dan cukup strategis untuk melaksanakan bisnis usaha budidaya beternak jangkrik, perhatikan kelembapan ruangan jangan sampai ruangan tersebut terkena cahaya sinar matahari secara langsung dan sirkulasi udara berjalan dengan baik, kondisi ruangan harus tenang tanpa adanya lalu lalang manusia sehari-hari dan yang paling penting adalah bebas dari serangan hama sepertri predator pemangsa jangkrik yang diantaranya yaitu semut, cicak, tokek, kadal dan masih banyak lagi.

2. Perhatikan Kandang dan Pakan
Kondisi kandang sangat menentukan tingkat kelangsungan hidup bagi jangkrik yang dibudidayakan, sebagai gambaran kandang yang ideal untuk menampung jangkrik sebanyak 200 kg dan 8 kg telur jangkrik adalah 100 cm x 60 cm x 30 cm. Namun, semua ini tentu dapat disesuaikan dengan besar kecilnya ruang dan banyak sedikitnya populasi yang akan dibudidayakan. Dan kandang tersebut, setidaknya harus terbuat dari kayu tripleks dan bagian atap dilapisi dengan serabut kelapa, daun jati ataupun dengan koran.

Setelah segala sesuatu yang berkaitan dengan kondisi kandang sudah terjaga dan tanpa kendala. Hal lain yang perlu diperhatikan guna menciptakan peluang sukses semakin besar yakni perhatikan kondisi pakan. Pemberian pakan yang baik dan tepat maka dapat mempercepat proses pemanenan, karena tingkat pertumbuhan jangkrik diantantaranya adalah dipengaruhi oleh pemberian pakan. Dan apabila jangkrik merasa ketersedian pakannya kurang maka yang akan terjadi adalah saling memakan antara satu dengan yang lainnya.


Pemberian pakan yang tepat untuk jangkrik yang baru menetas hingga berumur kurang lebis sekitar 10 hari adalah pelet ataupun voor ayam. Setelah itu berikan pakan secara berkala berupa sayuran seperti daun pepaya segar tua ataupun mudah, buah pepaya yang diiris tipis-tipis, bagian dalam pohon pepaya, gedebok pisang ataupun daunnya, daun singkong, gambas dan sawi putih.

Itulah beberapa tips suskes menurut dari pengalaman seorang pengusaha budidaya peternak jangkrik yang telah dishare untuk pengusaha-pengusaha muda termasuk bagi seorang pemula yang bisa dicoba dan diterapkan semoga dapat bermanfaat dan bisa menbantu untuk mencapai sukses dalam bisnis usaha budidaya beternak jangkrik



JUAL TELUR JANGKRIK ALAM/SLIRING/MADU Dan JANGKRIK KALUNG/GENGGONG

Pemesanan bisa dilakukan lewat SMS/Telpn : 0858.2308.4042 / PIN BBM 7BDEDC09

CARA PEMESANAN DAN CARA PEMBAYARAN :
Pesan SMS/Telpn : 0858.2308.4042 / PIN BBM 7BDEDC09
Format SMS : Nama # Alamat Lengkap + Kode Pos # No Hp # Jumlah Pesanan # Nama Barang

1. Format SMS/BBM : Nama#Alamat Lengkap#No Hp anda # Jumlah Pesanan # Nama Barang
2. Tunggu balasan dari kami yang berisi total biaya dari pesanan anda (termasuk ongkos kirim).
3. Silahkan lakukan pembayaran melalui rekening bank BRI, BCA, BNI dan MANDIRI yang kami kirim melalui SMS, kemudian jika sudah melalukan pembayaran silahkan balas dengan sms konfirmasi pembayaran anda dengan format dibawah ini :
[ SUDAH TRANSFER : JUMLAH TRANSFER#NAMA BANK TUJUAN#NAMA #ALAMAT LENGKAP#NO HP ANDA#JUMLAH PESANAN#JENIS JANGKRIK]
CONTOH : [ SUDAH TRANSFER: RP 650.704#MANDIRI#KIKI ANDRIANI#JL BEDJO NO 11 GEMARANG MADIUN JAWA TIMUR#0858.2308.4042#2kg#telur jangkrik alam]
4. Tranfer pembayaran yang masuk sebelum jam 10 siang, barang akan kami kirim hari itu juga, jika diatas jam 10 siang kami akan kirim pesanan di hari berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar